Senin, 13 Januari 2014

KALZIUM

#tugasICT #software #4
Kalzium  adalah nama sebuah software (open source software – OSS) yang memanfaatkan tabel periodik untuk mengeksplorasi setiap unsur. Tapi ternyata tidak sekedar tabel periodik biasa, lebih dari sekedar tabel periodik. Kalzium berasal dari bahasa Jerman dari kata kalsium. Saat ini Kalzium sampai di versi Hidrogen. 

Ok, kita eksplorasi lebih jauh penggunaan Kalzium terutama alat (tool) yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran yang menyenangkan. Ini adalah beberapa contoh penggunaan kalzium :
Alat Plot Data
kalzi
2. Alat Perform Calculation (The Kalzium Molecular Calculator)
3. Alat Isotope Table
4. Alat Glossary
5. Alat Equation Solver
6. Alat Convert Chemical File
7. Alat R/S Phrasses
8. Alat Table (Huruf Yunani dan Angka)
9. Alat Molecular Editor
10. Alat Export Chemical Data
Gak kalah penting kan kalzium yang satu ini dengan si kalsium yang biasa kita kenal . Cara installnya juga gampang banget kok . Salah satu caranya adalah dengan :
Open terminal lalu muncul tulisan , tulisan itu jangan dihapus tapi ditulis sibelakangnya sudo gedit /etc/apt/sources.list lalu tekan enter.
Muncul perintah untuk memasukan pasword linux anda , ketik saja . Walau tidak muncul tulisan tapi jangan ragu dan jangan kawatir . Pastikan saja kalau pasword yang anda nasukan itu benar. Tekan enter.
Lanjutkan dengan menulis sudo apt-get update.
Setelah muncul tulisan sama seperti ketika awal membuka terminal , ketik lagi sudo apt-get install kalzium lalu enter . tunggu sampai selesai. Muncul sepeti in [Y/n] : lanjutkan dengan tekan y (enter).
Untuk memanggilnya cukup ketikan kalizium dan tekan enter.
Aplikasi kalzium anda sudah tepasang sekarang dan siap untuk digunakan. Begini nih tampilan kalzium yang sudah selesai diinstall :
Semoga bermanfaat ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar